Home / Indonesia / Tips / Travel Note

Jalur Baru Tebing Bayah

Sawarna adalah tempat yang indah, meski agak terpencil di wilayah Banten, Jawa Barat. Penggemar Lokasi pantainya memikat para penggemar wisata, sementara tebing dan gua alamnya menarik hati para petualang. Pantainya bersih, pasirnya lembut, berpadu dengan gugusan tebing batuan karst pada ujung sebelah barat, yang membentang sepanjang sekitar dua kilometer. Pada bagian inilah terdapat surge panjat tebing yang tersembunyi.

Image

Di mata para pecinta aktivitas panjat tebing, tempat ini sangat memukau. Tebingnya, yang sebagian diantaranya terletak di tepi pantai, kaya jalur-jalur panjat yang belum terjamah dengan tingkat kesulitan bervariasi. Bentuk dinding tebing dan pegangannya yang variatif sangat memungkinkan seniman perintis dan pembuat jalur panjat untuk menciptakan rute-rute panjat yang indah.

Dari Bogor berkendara dengan motor menuju lokasi Bayah sekitar enam jam, melelahkan tapi memuaskan. Di Sawarna, tidur bisa dengan membuka tenda di beberapa tanah datar dekat pantai. Kalau tidak membawa tenda, bisa pula menginap di bale-bale warung milik warga di tepi pantai. Penerangan listrik belum menyentuh daerah ini. Warga lokal biasanya menggunakan genset pribadi.

Untuk membuat jalur panjat tebing, langkah pertama yang dilakukan adalah memasang “tali tetap” pada bagian puncak tebing. Lalu bergelantungan turun memasang pengaman pada titik titik yang sudah ditentukan. Kelak pemanjat-pemanjat lain bisa ikut menikmati jalur yang dibuat. Namun apabila bisa dengan pengaman sementara, ada baiknya pengaman tetap tidak digunakan.

Yang harus diperhatikan didaerah pantai seperti ini, hanger yang terbuat dari logam akan cepat aus dan berkarat. Beberapa pengaman yang dipasang tahun sebelumnya kini telah aus.

Image

Selesai memanjat, bergantian menikmati jalur-jalur baru tersebut, sebagian menceburkan diri ke laut, kelelahan dan tenaga yang terkuras dibayar dengan pesta ikan bakar. Ikannya segar, dibeli langsung dari nelayan local dan dibakar oleh penjaga warung secara tradisional menggunakan kayu bakar dan sabut kelapa.

Transportasi: Touring dengan motor dari Bogor via jalan alternative Cihideung Bogor, keluar di Cigombong dan masuk ke jalan Raya Bogor-Sukabumi. Masuk lagi ke jalan alternative Cikidang melalui Citarik hingga Pelabuhan Ratu. Lalu ambil arah Banten melalui Cisolok dan Bayah. Belok di daerah Ciawi Bayah, menuju Sawarna.

Image

Sumber:  Majalah National Geographic Traveller, September 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s