Home / Indonesia / Tips / Travel Note

Taka Bonerate – Stunning Island

Taka Bonerate berjarak 25km dari Benteng, Kabupaten Selayar atau sekitar 300km dari Makassar, Sulawesi Selatan. Yang menarik, Taka Bonerate merupakan kawasan dengan karang atol terbesar ketiga, setelah Kwjfein di kepulauan di Marshal dan Suvadiva di kepulauan Maladewa.

Image

Memiliki luas mencapai 530.765 hektar dan 21 gugusan pulau, Taka Bonerate diresmikan pemerintah Indonesia sebagai taman nasional pada 2001. Dari gugusan pulau tersebut hanya 7 pulau yang berstatus “ berpenghuni”. Pulau Tinabo, Pulau Tinabo kecil, Pulau Tarupa Besar, Pulau Latondu Besar, Pulau Jinato, Pulau Passitalu Tengah dan Pulau Passitalu Timur. Di tujuh pulau inilah Suku Bajo dan suku Bugis berdiam. Sedangkan 14 pulau lainnya, merupakan pulau-pulau cantik tak berpenghuni.

Image

Taka Bonerate memiliki Topografi unik, dengan gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam. Diantara pulau-pulau gosong karang tersebut, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Pada permukaan rataan terumbu, terdapat kolam-kolam kecil yang dalam dan dikelilingi terumbu karang.

Image

Wilayah ini memiliki biodiversitas yang cukup tinggi, dengan 261 jenis terumbu karang dari 17 famili. Sebagian besar karang-karang ini telah membentuk terumbu atol dan terumbu tepi. Didalamnya terdapat sekitar 295 jenis ikan karan dan jenis ikan konsumsi seperti kerapu, cakalang, napoleon, wrasse dan baronang. Terdapat juga 244 jenis Molluska, diantaranya Lola, Kerang Kepala Kambing, Triton, Batulaga, Kima Tisik dan banyak lagi.

Perjalanan dimulai dengan menempuh rute dari Makasar menuju Benteng, Selayar:

Menggunakan Bus

Bus dari Terminal Malengkeri, Makasar menuju Pelabuhan Bira di Bulukumba. Bus berangkat pukul 07.00-08.00 (lima jam perjalanan, ongkos Rp.100.000/orang). Dari pelabuhan Bira, perjalanan menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar ditempuh 2 jam menggunakan ferry. Kemudian 1-1,5jam menuju Kota Benteng, di Selayar.

Menggunakan Pesawat Terbang

Menggunakan pesawat amphibi dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandara Aeropala, Selayar. Jadwal penerbangan dengan pesawat Sabang Marauke Raya Air Charter (SMAC) ada  setiap Rabu dan Sabtu (20 menit perjalanan, harga Rp.199.000) Atau Express Airlines menuju Selayar (Rp.299.000 dengan 45 menit perjalanan)

Menggunakan Kapal Cepat

Dari Bandara Sultan Hasanuddin menggunaklan taksi menuju terminal Malengkeri (biaya Rp.100.000). Dari Malengkeri , gunakan mobil tumpangan jurusan Bulukumba-Pelabuhan Lappee (sekitar Rp.50.000-Rp.70.000). Dari Pelabuhan Lappe menuju Benteng, Selayar. (berangkat setiap pukul 15.30)

Dari Benteng, Selayar perjalanan selama 1.5jam harus ditempuh menuju Pelabuhan Pattumbukang, dengan menggunakan mobil sewaan. Kemudian, perjalanan selama 4-5jam menuju pulau Tinabo (Taka Bone. Perjalanan selama 4-5jam menuju pulau Tinabo (Taka Boneratee) yang ditempuh dengan menggunakan kapal kayu Joloro. Ingin menghemat waktu bisa menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Pattumbukan menuju Pulau Tinabo, dengan waktu tempuh sekitar 1.5-2 jam (biaya sebesar Rp.1.500.00-Rp.2.000.000)

Info Lengkap:

KANTOR TAMAN NASIONAL TAKA BONERATE

Jl.S.Parman no.40, Benteng, Selayar Sulawesi Selatan 92812

Tel/Fax: 0414-21565

www.taka-bonerate.com

Image

Sumber: Majalah Tamasya, edisi Agustus 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s