Home / Indonesia / Tips / Travel Note

Halmahera Barat 1

Sebuah pantai vulkanik lain tersembunyi di Desa Idamdehe. Pantai Idamdehe berada di antara Pantai Bobo dan Pantai Susupu di pesisir barat Jailolo. Aksesnya tidak sulit, cukup naik mobil saja sekitar 45menit. Jika pasir hitam di Pantai Disa, Pantai Susupu dan Pantai Bobo terasa agak kasar, di Pantai Idamdehe pasir hitamnya amat halus.naik mobil dari pusat kota.

halmahera4

Lain lagi dengan Pantai Tuada yang berlokasi di desa Tuada. Terletak di Tenggara Kota Jailolo, Pantai Tuada merupakan pantai Karang. Mencapainya cukup 15menit . Untuk menikmatinya anda cukup menyusuri dermaga panjang yang menjorok ke tengah lautan. Sekitar 100m dari bibir pantai, Anda sudah bisa menyaksikan keindahan terumbu karang didasar perairan yang dangkal.

Di kota Sidangoli yang terletak sekitar 1.5jam berkendara ke arah selatan Jailolo, pergilah ke pelabuhan speedboat. Dari pelabuhan ini, Anda akan dibuat tercengang dengan sajian pemandangan berupa taburan pulau kecil berjumlah puluhan yang lebat dipenuhi bakau.

halmahera3

Pada selat-selat yang memisahkan pulau-pula mangrove ini, lantai perairannya dihuni terumbu karang. Saat air tenang, terumbu karang ini bisa terlihat jelas dari permukaan. Selain itu padang lamun (sea-grass beds) juga mewarnai destinasi ini di beberapa sudutnya.

Halmahera Barat juga kaya gas bumi. Beberapa sumber air panas yang bukan berbasis belerang, sudah berhasil ditemukan. Salah satunya adalah Air Panas Gamtala. Berlokasi di desa Gamtala, arah barat laut dari Jailolo, dapati sebuah kolam di ujung desa. Di satu sisi kolam tersebut terdapat tangga. Turuni tangga itu dan celupkan kaki Anda. Airnya panas dan tidak memiliki kandungan belerang sama sekali. Suhu air tersebut murni didapatkan dari gas bumi.

Sebuah sungai kecil terlihat mengalir dari kolam itu, lalu “hilang” ditelan rimbun pepohonan. Bberapa sampan terparkir rapi di sisi-sisinya. Menurut warga setempat, air kola mini memeang sengaja dialirkan melalui sungai kecil tersebut, ke istana Sultan Jailolo yang bertempat tidak jauh dari Desa Gamtala, yaitu di Pantai Marimbati, tepatnya di desa Lako Akelamo.

Sumber: Majalah Tamasya, edisi Juli 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s