Home / Indonesia / Tips / Travel Note

Halmahera Barat

Gugusan pulau kecil, kecantikannya mengusik untuk dihampiri. Gunung berapi mengundang kekaguman sekaligus kerendahan hati. Hutan lebat yang perawan, tak tersentuh roda masa. Air terjun tumpah langsung ke lautan. Air panas dan tebaran pantai vulkanik di sudut-sudut sunyi dengan pasirnya yang berwarna hitam kelam. Inilah kekayaan Halmahera Barat yang menakjubkan.

halmahera_0002

Tak jauh dari kota Jailolo, tepat di mulut Teluk Jailolo, terlihat hamparan putih di tengah laut. Pulau Pastofiri namanya. Pulau Pastofiri merupakan  semacam . Dataran kecil yang terdiri dari karang, timbul dari permukaan air memberntuk Lagoon Parsial maupun keseluruhan, yang sangat indah dengan hamparan terumbu karang

halmahera2a

Kabupaten Halmahera Barat juga dianugerahi dengan banyak pantai. Hampir semuanya merupakan pantai vulkanik. Campuran pasir dan kerikil dari letusan gunung berapi, berpadu dengan elemen seperti besi, menyebabkan warnanya hitam.  Pantai Disa, terletak di desa Susupu, 17m ke arah barat laut Jailolo, Pantai Disa mudah dicapai dengan mobil atau ojek. Dalam waktu sekitar 25menit, tibalah anda di objek wisata ini. Masi berlokasi desa Susupu, hanya 5 menit saja sebelum Pantai Disa, Pantai Susupu juga menawarkan bentangan pasir hitam yang luas, perairan yang tenang dan indahnya panorama.

Kearah barat Kota Jailolo, temui sebuah pantai yang unik yaitu Pantai Bobo, pada satu bagian pantai, samar-samar terlihat kepulan asap tipis, tepat pada batas air dan pasir. Suhu air pada bagian itu tersa hangat. Bahkan jika laut sedang surut, suhunya bisa lebih panas. Pantai Bobo bisa dicapai dalam waktu 20 menit dengan kendaraan bermotor. Dari pantai Bobo, Pulau Ternate, Pulau Maitara Pulau Tidore dan Pulau Hiri terlihat jelas, masing-masing dengan gunung yang menjulang.

Sumber: Majalah Tamasya, edisi Juli 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s