Home / Mancanegara / Tips / Travel Note

Legendary Places in the World: ISTANBUL

Constantinopel, kota kuno yang terletak diantara Laut Bosporus dan Marmara tersebut kini lebih dikenal dengan sebutan sebutan Istanbul. Kota terkenal di Turki tersebut didirikan Kaisar Romawi Konstantinus I pada tahun660 sebelum Masehi. Pada 330 masehi, nama Constantinopel pun disematkan pada kota ini setelah berhasil dibangun selama enam tahun. Pada 1453, Istanbul yang kala itu masih dikuasai Constantine Paleologus berperang melawan Kerajaan Usmani yang dipimpin Sultan Mahmud II.

Perang selama 53 hari pun berakhir dengan kejatuhan Constantinopel ke tangan kerajaan Usmani. Pada masa inilah Islam mengalami perkembangan yang cukup pesat di Constantinopel. Pada 1204, Nama Constantinopel berubah menjadi Istanbul. Nama Istanbul sendiri berasal dari kata Stambol, yang merupakan sebutan orang orang Yunani dan Slavia bagi Constantinopel.

Kehadiran bangsa Yunani, Persia, hingga Romawi ke kota ini memberikan pengaruh luarbiasa pada kebudayaan Istanbul. Salah satunya adalah bangunan bernama Haghia Sophia. Orang Mesir menyebut bangunan ini dengan Ayasofya. Dibangun pada 532 masehi, dahulu Haghia Sophia adalah sebuah katedral ortodok Yunani, berarsitek Romawi Kuno bernama Megali Ekslesia.

index

Pada 1453, ketika kerajaan Ottoman berhasil menaklukan Constantinopel, katedral tersebut dialihfungikan menjadi sebuah Mesjid. Sultan Mahmet II pun menamai Mesjid ini dengan nama Aya Sofia Cami’i. Pada 1932, Mesjid tersebut ditutup dan dimanfaatkan sebagai Museum hingga kini.

Selanjutnya, ada The Blue Mosque yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Ahmet I. Mesjid bersejarah yang memiliki enam menara ini dirancang salah satu murid Sinan, arsitek terbaik pada masa kerajaan Ottoman. Pesona Istanbul lainnyaterletak pada pasar tradisional yang sering disebut dengan nama Spice Market. Pasar yang berdiri sejak 1664 tersebut menjajakan berbagai rempah-rempah, souvenir hingga ragam makanan.

istanbul

Sumber: Majalah Tamasya, edisi September 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s