Home / Mancanegara / Tips / Travel Note

Legendary Places in the World: MESIR

Negeri bernama Mesir ini tersohor dengan kisah cinta Ratu Cleopatra dengan Julius Caesar. Namun Mesir tidak hanya tentang Cleopatra. Selama ribuan tahun, Negara ini terkenal dengan peradaban kunonya. Pun dengan legenda para pemimpinnya yang menghasilkan mahakarya Arsitektur yang masih terpelihara dengan baik hingga kini.

Mesir memulai peradabannya di sepanjang hilir sungai Nil sejak 7000 tahun silam. Sejarah mencatat berbagai peradaban membentuk kebudayaan Mesir Kuno, pengaruh Yunani dan Romawi, hingga masuknya Islam ke Mesir. Pada 3000 sebelum Masehi, Mesir Kuno terdiri atas dua kerajaan besar yang dipimpin oleh Fir’aun. Dan selama 2250 tahu, Mesir Kuno dikuasai 31 dinasti dengan 330 Fir’aun.

Pada masa Mesir Kuno inilah lahir beberapa hasil mahakarya  berupa arsitektur yang masih dapat dinikmati masyarakat dunia saat ini. Salah satunya adalah piramida dengan tinggi 146.5m dan berat sekitar 5.9juta ton, yang menjadikannya salah satu objek wajib dikunjungi wisatawan saat berada di Mesir.

egypt_photos_39

Pada dasarnya , Piramida adalah sebuah makam yang diperuntukkan bagi Fir’aun Khufu. Ia adalah pemimpin ke-empat di Mesir Kuno. Pembangunan Piramida tersebut  membutuhkan waktu sekitar 20 tahun dan diarsiteki oleh Hamman atau Hemiunu. Tujuan pembangunan makam tersebut untuk membuktikan tidak ada kekuatan lain di alam semesta, selain kekuatan Fir’aun yang merupakan penjelmaan Dewa Horus.

Berdekatan dengan piramida, terdapat mahakarya arsitektur lainnya yaitu Spinx Agung Giza. Bangunan ini merupakan patung singa berwajah manusia. Patung yang terletak di tepi barat sungai Nil tersebut memiliki tinggi 26 meter dan panjang 73 meter. Untuk membangun patung raksasa tersebut diperlukan sekitar 2.3 juta batu granit dan batu kapur dengan berat rata-rata sekitar 2.5 juta ton per batu.

Sumber: Majalah Tamasya, edisi September 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s